Header Ads

Debat Pilkada Kab Bogor @TvOne 04/09/2013 - part1



Debat para pasangan calon bupati dengan wakil bupati menutup masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang berlangsung sejak 22 Agustus 2013.

"Debat kandidat ini menjadi rangkaian terakhir dari masa kampanye Pilkada Kabupaten Bogor," kata Kepala Divisi Logistik KPU Kabupaten Bogor Romli Eko di Bogor, Rabu.

Berdasarkan peraturan KPU, pihaknya berkewajiban menyelenggarakan debat para pasangan calon minimal sebanyak satu kali dalam masa kampanye.

Pihaknya memilih menyelenggarakan debat kandidat sebanyak satu kali yang dilangsungkan pada hari terakhir masa kampanye, yakni Rabu.

"Debat kandidat akan dilaksanakan nanti sore mulai pukul 19.00 WIB di Hotel Royal Safari Garden, Cisarua, Puncak," kata Romli.

Dia menjelaskan debat kandidat selama dua jam dengan disiarkan secara langsung oleh televisi swasta nasional (TV One).

Ia menjelaskan dalam debat tersebut, empat pasangan calon akan memaparkan visi dan misi secara konkret serta lebih mempertajam arah kepemimpinannya dalam membawa Kabupaten Bogor pada masa lima tahun ke depan.

"Dalam debat ini, setiap pasangan calon akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan, yakni ada sekitar 16 pertanyaan seputar persoalan di Kabupaten Bogor mulai pendidikan, kesehatan, pasar, dan tambang," katanya.

Romli mengatakan setiap pasangan calon mendapatkan pertanyaan yang diberikan secara acak oleh moderator. Selanjutnya, debat antarpasangan calon hingga acara berakhir.

"Tujuan debat ini selain menyosialisasikan kepada masyarakat luas, calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor, juga untuk menginformasikan kualitas dan kemampuan calon pemimpin mereka sehingga masyarakat bisa menilai seperti apa calon pemimpin mereka nantinya," katanya.

Seiring dengan berakhirnya masa kampanye, katanya, akan berlangsung masa tenang selama tiga hari, terhitung sejak 5 hingga 7 September 2013.

Pemungutan suara Pilkada Kabupaten Bogor akan berlangsung Minggu (8/9) dengan jumlah calon pemilih sekitar 3,5 juta orang dan jumlah tempat pemungutan suara 7.716 TPS yang tersebar di 40 kecamatan dan ratusan desa.

Pilkada Kab. Bogor diikuti oleh empat pasangan calon, yakni Gunawan Hasan-Muhammad Akri Falaq (nomor urut 1), Alex Sandy Ridwan-Hengky Tarnado (2), Rachmat Yasin-Nurhayanti (3), dan Karyawan Faturachman-Adrian Aria Kusuma (4).
Powered by Blogger.